fbpx
Kesehatan & Gaya Hidup, Tips & Cara

Sebaiknya Berapa kali Mencuci Wajah Dilakukan

vaninice.org : Banyak orang yang menganggap, semakin sering cuci muka dalam sehari, semakin bersih dan terawat juga kulit wajahnya. Padahal tidak demikian, mencuci muka berlebihan juga punya risiko sendiri untuk kesehatan kulit wajah. Lalu, baiknya berapa kali mencuci muka dalam sehari? Kamu yang tak ingin wajah ditumbuhi jerawat dan terlihat kusam pasti tak akan melewatkan rutinitas mencuci muka saat mandi atau sebelum tidur.

Tapi sebenarnya berapa kali sih kamu bisa mencuci wajah dengan sabun dalam sehari? Banyak orang mungkin tak tahu, dan pula, kebutuhan setiap kulit wajah setiap orang bisa berbeda-beda. Menncuci muka bisa dilakukan dengan menggunakan sabun beras, karena kandungan sabun beras yang terdapat didalamnya tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kamu.

Bagi kamu yang punya wajah berminyak mungkin akan lebih nyaman ketika mencuci wajah 3-4 kali agar wajah bersih dan kering. Tapi ini bukan hal yang baik bagi kamu , cukup lakukan 2 kali saja untuk kulit wajah berminyak biasa dan 3 kali ketika hari sedang panas dan kamu banyak beraktivitas di luar.

Sedangkan untuk kulit kering, cukup 2 kali juga, dan jangan lupa mengoles pelembab setelahnya. Sama halnya untuk kulit kering, kult normal juga cukup mencuci wajah 2 kali saja sehari. Hal ini dikarenakan kulit juga butuh melindungi diri sendiri dari bahan kimia sabun, baik kulitmu berminyak, normal maupun kering.

Terlalu sering terkena bahan kimia sabun, kulit juga bisa rusak dan menyebabkan masalah kulit lainnya. Umumnya, mencuci wajah dilakukan 2 kali sehari, pada pagi hari saat bangun tidur dan saat sore hari saat mandi. Rutin mencuci wajah dua kali sehari sebenarnya sudah cukup, kecuali jika kamu punya masalah berjerawat dan butuh treatment khusus.

Selain menjaga kebersihan dan kecantikan kulit dari luar dengan sabun, kamu juga perlu mengonsumsi air putih yang cukup dan makanan kaya nutrisi dan antioksidan sehingga kulit bisa menjaga dirinya sendiri, tampil cerah dan segar secara alami. Jika Kamu sering mencuci muka, nantinya kulit bisa dengan mudah melepaskan semua minyak yang dibutuhkan kulit agar tetap kenyal, lembap, dan bersinar.

Kamu juga bisa memecah keasaman kulit, yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan kadar keringat, minyak, dan bakteri baik. Untuk kulit yang kuat dan sehat, Anda membutuhkan keasaman pada kulit yang cukup. Parahnya lagi, terlalu sering cuci muka dapat membuat kulit makin kering, kemerahan, bersisik, dan rentan muncul jerawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *