fbpx
Tips & Cara

Macam Macam Lulur Kopi & Cara memilihnya

Kopi ternyata tidak hanya nikmat untuk diminum, tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai lulur. Lulur kopi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan antioksidannya mampu menangkal radikal bebas, mencegah penuaan dini, dan mengangkat sel kulit mati. Anda bisa saja membuat lulur kopi sendiri, tetapi tentu cukup merepotkan. Agar lebih praktis, sekarang telah banyak produk lulur kopi yang dijual, seperti Mustika Ratu, Bali Ratih, dan TIFF. Agar Anda bisa menentukan lulur kopi yang paling tepat, kami akan memberikan beberapa tips dalam memilihnya. Setelahnya, kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk terbaik.

Lulur kopi menyimpan manfaat melimpah bagi kulit. Kopi mengandung senyawa kafein yang berfungsi sebagai antioksidan tubuh. Antioksidan tersebut bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, serta mencegah penuaan dini, dan kerusakan sel.

Lulur kopi juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Jika Anda rutin memakai lulur kopi, kulit akan terlihat lebih bersih, segar, bebas kusam, dan terhindar dari jerawat. Tak hanya itu, banyak orang menggunakan lulur kopi untuk menghindari varises. Hal ini karena lulur kopi ternyata dapat melancarkan aliran darah di tubuh.

Ternyata, rutin memakai rutin lulur kopi tidak hanya bermanfaat bagi kecantikan, tetapi juga kesehatan. Bagaimana, apakah Anda tertarik menggunakan lulur kopi

Cara Memilih Lulur Kopi

Lulur kopi yang ada di pasaran memiliki karakteristik yang berbeda-beda dari segi tekstur, kemasan, serta komposisi. Janganlah asal membeli. Sebaiknya, sesuaikan lulur kopi dengan kebutuhan dan karakteristik kulit Anda. Di bawah ini, kami akan menjelaskan dengan lebih detail.
Pilih tekstur lulur yang sesuai dengan karakteristik kulit

Scrub pada lulur berfungsi untuk membersihkan kulit dan mengangkat sel kulit mati. Setiap lulur kopi memiliki bulir scrub dengan tekstur yang berbeda-beda. Ada yang besar dan kasar, ada juga kecil dan halus. Pilihlah lulur kopi dengan scrub yang paling sesuai dengan jenis kulit Anda.

Lulur butiran kasar, untuk kulit berminyak dan tebal
Jika Anda memiliki karakteristik kulit yang tebal dan berminyak, sebaiknya pilihlah lulur dengan butiran scrub kasar. Scrub yang kasar akan lebih maksimal dalam mengangkat sel kulit mati. Jadi, lapisan kulit yang tebal pun akan dibuat menjadi lebih halus. Tak hanya itu, scrub kasar juga lebih efektif dalam mengurangi minyak berlebih pada kulit.

Akan tetapi, sebaiknya Anda jangan terlalu sering menggunakan lulur butiran kasar. Jika terlalu sering dipakai, justru berisiko membuat kulit Anda menjadi kering. Anda sebaiknya menggunakan lulur butiran kasar maksimal satu kali per minggu.

Lulur butiran halus, untuk kulit kering dan sensitif
Sebaliknya, jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya pilihlah lulur dengan butiran scrub yang halus. Hasil lulur tetap terasa bersih maksimal hingga pori-pori, tetapi tak bakal melukai kulit. Pengaplikasian lulur juga tidak akan membuat kulit Anda menjadi makin kering.

Untuk lulur dengan butiran scrub halus, Anda bisa menggunakannya lebih sering, seperti dua hingga tiga kali seminggu. Hal yang patut diingat, walaupun tekstur scrub-nya halus, tetap tidak disarankan memakai lulur setiap hari. Cara tersebut bisa membuat kulit Anda menjadi makin kering.

Pilih kemasan yang sesuai dengan kebutuhan
Ada banyak sekali produk lulur dengan berbagai macam kemasan. Baik itu jar, tube, atau pouch. Sebelum membeli, sesuaikan kemasannya dengan kebutuhan penggunaannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *